Monday, May 19, 2008

BWM UNRI: FFI=Festival Folitik I'edan

Puluhan aktifis BEM Unri turun ke jalan. Mereka menentang digunakannya APBD Riau untuk ajang FFI. Menurut mereka FFI tak ubahnya permainan politik gila.

Riauterkini-PEKANBARU- Sekitar pukul 16.30 WIB, Jumat (30/11) puluhan aktifis Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Riau (Unri) menggelar aksi turun ke jalan. Aksi ini sebagai bentuk penolakan terhadap keputusan Gubernur Riau M Rusli Zainal mengalokasikan APBD Riau Rp 7,2 miliar untuk pergeralan Festivas Film Indonesia (FFI) 14 Desember mendatang.

Aksi BEM Unri kali ini dipusatkan di bundaran air mancur Jalan Jendral Sudirman. Para pendemo membawa sejumlah poster dan sebuah spanduk bertuliskan "Selamat Datang Festival Folitik Iedan di Provinsi Risau". Selain itu berorasi, para pengunjuk rasa juga menggelar teatrikal menggambarkan sebuah pesta pora di tengah duka masyarakat Riau yang masih banyak terhimpin kemiskinan dan kebodohan.

Dalam aksi teatrikal tersebut, sepasang mahasiswa berperan sebagai bintang film. Selain mendapat kalungan bunga, sang mahasiwi memegang sebuah "Piala Citra". Keduanya tertawa-tawa sambil memadang belasan mahasiswa yang bergelimpangan yang menggambarkan masyarakat Riau yang kelaparan dan bodoh.

Aksi teatrikal tersebut tak urung menarik perhatian para pengguna jalan. Arus lalu-lintas agak tersendat karena sejumlah kedaraan meperlambat laju karena ingin melihat aksi para mahasiswa. Untuk menjaga segala kemungkinan buruk, nampak sejumlah polisi melakuka pengamanan.

Presiden BEM Unri Fajri Ariefyanto dalam orasinya menegakan, bahwa aksi yang digelar sebagai bentuk penyadaran kepada Gubernur Riau bahwa kebijakannya sangat jauh bertentangan dengan program pengentasan kemiskinan dan kebodohan. "Pemprov dan masyarakat Riau harus sadar, bahwa FFI tak lebih dari hura-hura. Pesta pora di tengah penderitaan masyarakat Riau yang masih banyak kelaparan dan bodoh," kritiknya dalam orasi.

Kegiatan lain yang dilakukan mahasiswa selama sekitar satu setengah jam berdemo adalah membagikan selebaran kepada para pengguna jalan. Sebelum membubarkan diri, Fajri menegaskan aksi petang tadi merupakan permulaan dari aksi penentangan FFI di Pekanbaru. "Ini baru awal, kita akan terus menentang pemborosan uang rakyat untuk pesta pora tak berguna bernama FFI," tegasnya.***(mad/yd)

1 comment:

BEAUTY MANICURE said...

Numpang ya..

el
hhtp://unriacid.blogspot.com